Diberdayakan oleh Blogger.

Pentingnya gambaran mental dalam penciptaan musik


Anda sudah paham ekspresi diri sangat berkaitan erat dengan proses kelahiran sebuah karya musik, ekspresi itu disalurkan melalui tekni yang tepat dan artistic. Anda pun harus tahu bahwa bunyi musical atau indah hanya akan tercipta ketika adanya kesinamburangan antara gerakan fisik dan bunyi yang diinginkan dengan kata lain sesuai dengan gambaran mental dalam diri.


Jika anda mampu merefleksikan gambaran mental kepada not-not atau chord-chord dalam musik maka proses belajar anda akan lebih efisien, sebab anda tak perlu membuang banyak waktu untuk berlatih menemukan nada yang sesuai. Tinggal pikirkan didalam otak bagaimana seharusnya nada dirangkai dan membayangkan bunyi hasilnya maka nada yang keluar kemungkinan tidak akan jauh berbeda.

Memiliki gambaran yang jelas akan musik yang diinginkan juga terbukti bisa membantu seorang musisi melakukan berbagai teknik dengan tingkat kesulitan tertentu. Cara-cara seperti ini menurut beberapa musisi hanya dilakukan oleh mereka yang benar-benar sudah ahli dan hapal dengan nada-nada setiap instrument.Karena itu tidak banyak yang menyarankan teknik ini dipakai oleh para pemula tentu saja karena hanya akan memboroskan waktu dan membuat anda pusing.

Daripada membayangkan bunyi apa yang akan keluar dari rangkaian nada buatan anda, sebaiknya praktekan langsung saja. Beli gitar dan latih chord-chord yang anda buat sendiri maka anda tahu betul bagaimana nada itu. Jika proses ini sudah dilewati bias any membayangkan nada-nada akan menjadi kegiatan yang lebih mduah.
Source : Yamaha Musik Indonesia
0 Komentar untuk "Pentingnya gambaran mental dalam penciptaan musik"

Back To Top