Diberdayakan oleh Blogger.

Perbedaan studio drummer dan live drummer

Hal yang menjadi kunci pembeda antara studio danlive drummer adalah penggunakan earphone atau headphone. Studio drummer wajib menggunakan alat yang satu ini untuk memastikan hasil rekaman berujung baik, sedangan live drummer tidak begitu membutuhkannya karena biasanya keberadaan earphone justru mengganggu pendengaran.


Beberapa drummer memang terbiasa menggunakan earphone dalam studio, namun hal ini sulit dilakukan oleh para pemula. Pasalnya ketika menggunakan earphone anda akan sulit mendengar permainan anda sendiri, meski begitu anda akan lebih mudah mendengarkan permainan partner. Jika sudah seperti ini biasanya sound engineer lah yang akan mengingatkan dimana kesalahan anda.

Hal lain yang menjadi pembeda antara studio dan live drummer adalah click track, yang merupakan nama lain dari metronome, ini adalah keadaan dimana anda mendengar suara tik tuk tik tuk ketika musik diperdengarkan dan selama lebih dari delapan jam kemungkinan anda akan mendengar bunyi itu. Untuk mengatasi hal ini anda bisa melepas satu earphone anda.

Anda hanya perlu mendengar melalui satu earphone, namun sebenarnya teknik ini membutuhkan jam terbang yang tinggi. Jika ada sedikit saja kesalahan yang anda buat maka akan sangat terdengar. Hal ini sangat berbeda ketika anda tampil live, karena kesalahan sebesar apapun biasanya jarang terdengar.

Dalam studio tent kesalahan ini menjadi sesuatu yang buruk dan terpaksa rekaman ulang harus dilakukan, dan tentunya ini akan memeras otak dan waktu anda. Karena itulah sebelum menjadi studio drummer sebaiknya persiapkan diri anda terlebih dahulu, beli alat musik dan berlatihlah dengan giat agar tak perlu berlama-lama melakukan rekaman. Source : yamaha musik
0 Komentar untuk "Perbedaan studio drummer dan live drummer"

Back To Top